Minggu, 04 November 2012

[Review] Talkshow "Muda, Sukses, Siapa Berani?" With Muhammad Assad & Meutya Hafid

Spanduk acara Talkshow

 Pada awalnya saya mengetahui acara talkshow ini dari akun twitter @ceritamedan tgl 30 Oktober 2012 malam, karena acara ini gratis *suka gratisan haha :D * dan memang besok tak ada kegiatan yang sibuk akhirnya saya daftar lewat sms ke CP.

 Keesokan harinya (31 Oktober 2012) saya hadir ke Rumah Berdikari walaupun itu hujan, yah demi mendapatkan ilmu apalagi ini gratis, jarang-jarang lho,hehe. Sesampainya disana, masih sedikit yang hadir dan saya sempat berkenalan dengan peserta talkshow lainnya.


  Tibalah orang yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang. Mas Muhammad Assad dan mbak Meutya Hafid datang ke tempat talkshow.
(Ki-Ka) Mbak Meutya Hafid , Moderator , Mas Muhammad Assad
  Saya mengenal Muhammad Assad dari akun twitternya @MuhammadAssad dan juga telah membaca buku-buku nya yang telah jadi best seller dan sangat inspiratif bagi anak muda yang ingin sukses.


 Pada Talkshow itu, Muhammad Assad menjelaskan ada 3 Tipe Rezeki
1. Rezeki yang dijamin : rezeki yang dijamin Allah untuk seluruh makhluknya (QS.Hud [11]: 6)

2. Rezeki yang dijanjikan : rezeki ini berhubungan dengan sedekah, semakin banyak sedekah maka rezeki kita akan dibalas berlipat ganda antara 10 sampai 700 kali lipat (QS Al Anam [6] : 160) & (QS Al Baqarah [2]: 261)

3. Rezeki yang digantungkan : Rezeki yang kita peroleh jika kita menjemputnya, berusaha untuk mendapatkan rezeki itu.

  Muhammad Assad juga menjelaskan tentang enterpreneur. Dia menjelaskan bahwa " Enterpreneur is not a job, enterpreneur is a mind set" . Maksudnya adalah seorang enterpreneur ialah orang yang mampu mengubah sampah menjadi emas. Contohnya pak Anies Baswedan yang membuat Indonesia Mengajar dan Bob Sadino yang menjadi pengusaha sukses di bidang makanan.

  Kebanyakan orang tidak mau menjadi pengusaha karena takut gagal. Padahal gagal itu adalah the way to be success. Pelajari dan perbaiki kegagalan dan berbuat lebih baik lagi menuju kesuksesan.

  Terakhir, Muhammad Assad juga menjelaskan ada 5 Tipe Manusia :
1. Manusia tipe kelingking : manusia yang hanya bermanfaat untuk diri sendiri.

2. Manusia tipe jari manis : manusia yang bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga.

3. Manusia tipe jari tengah : manusia yang bermanfaat untuk diri, keluarga dan lingkungan sekitar.

4. Manusia tipe jari telunjuk : manusia yang bermanfaat tidak hanya untuk diri, keluarga dan lingkungan tapi juga untuk bangsa. contohnya pahlawan negara

5. Manusia tipe ibu jari : manusia yang bermanfaat untuk dunia, contohnya penemu-penemu hal yang bermanfaat untuk hidup orang banyak.

  Hampir lupa, mbak Meutya Hafid juga berbagi cerita tentang pengalamannya di dunia politik.
Mbak Meutya Hafid
    Beliau menceritakan tentang hal-hal yang telah dilakukannya dalam memulai karir di dunia politik setelah sukses dalam dunia jurnalis. Ia pernah mengalami berbagai kegagalan dalam dunia politik tapi ia tak pernah bosan untuk mencoba, mempelajari hal-hal yang baru hingga akhirnya sekarang bisa mewakili Sumatera Utara di DPR. Ia juga mengatakan waktu ia menjadi jurnalis, ia tidak pernah menolak tugas, hal itulah yang membuat ia bisa menjadi jurnalis yang sukses di Metro TV sebelum ia sekarang menjadi politisi.

Kesimpulan yang bisa saya ambil dari talkshow ini adalah : jangan pernah takut mencoba, karena setiap kegagalan merupakan jalan yang mendekatkan kita menuju sukses. Dan jadilah orang sukses yang bermanfaat bagi oranglain.

  Acara selanjutnya Muhammad Assad di Medan yaitu Seminar Scholarship Hunter tanggal 8 Desember 2012 di Auditorium Universitas Sumatera Utara, semoga saya bisa meluangkan waktu & biaya (juga) untuk mengikutinya, amin.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat.

Follow me @ferryjr .   
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...