Kamis, 15 November 2012

[Review] (Part 2) Kuliah Umum : Potensi Lokal Untuk Ekonomi Kreatif

   
   Saya akan melanjutkan review kuliah umum yang sebelumnya, untuk yang belum baca bisa dilihat disini.

   7. Sosial Media mempengaruhi cara iklan
   Seperti dampak dari no 6, maka dengan adanya sosial media juga berpengaruh terhadap iklan, seperti akun @poconggg di twitter yang berpengaruh bagi anak muda dalam usia umur 15 - 24 tahun. Sosial media juga sekarang menjadi candu baru dan orang mulai mengurangi waktunya dengan menonton tv dan diagntikan dengan online di sosial media.


   8. Brand dituntut untuk berinteraksi
   Sekarang iklan tidak bisa satu arah seperti dulu. Harus ada komunikasi terhadap konsumen. Salah satu interaksinya kembali lagi melalui sosial media. Brand harus dituntut aktif terhadap kritik dan saran dari konsumen.

   9. Konsumen punya banyak pilihan dalam 1 jenis produk
   Sekarang menjamur produk-produk sejenis seperti makanan, pakaian dan lainnya, maka konsumen makin banyak pilihan dan produsen juga semakin dituntut untuk menciptakan diferensiasi  jika ingin mendapatkan pelanggan.

   10. Cara menentukan pangsa pasar bisa berubah begitu cepat
   Tahap-tahap menentukan pangsa pasar yaitu : Awareness Interest Search Action & Share
Tahap yang paling penting ialah Search & Share yaitu mencari konsumen yang tepat dan berbagi informasi dengan mereka. Karena informasi sekarang berjalan begitu cepat maka segalanya bisa berubah dengan cepat juga.

   11. Konsumen bisa menjadi "Influencer" 
   Dari rekomendasi konsumen pada suatu produk bisa mempengaruhi konsumen lainnya. Salah satunya komentar pada sosial media. Makanya sekarang komentar konsumen tak bisa dianggap sepele lagi. Untuk itu brand harus tanggap pada komentar baik ataupun buruk seperti pada poin ke 8.

   12. Akses informasi menjadi bebas.
   Dengan kemudahan informasi sekarang, kebebasan informasi bisa berdampak positif dan negatif, terutama pada dunia iklan. Konsumen secara tidak langsung juga bisa menjadi "bintang iklan" untuk mempengaruhi teman & lingkungan disekitarnya. Dengan begini, perusahaaan iklan dituntut lebih berinovasi pada iklan agar menarik minat konsumen untuk membeli produk/ jasa yang ditawarkan.

   Demikianlah review kuliah umum yang saya ikuti. Semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya. Terima kasih.


Follow me : @ferryjr
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...