Sabtu, 10 November 2012

[Review] Kuliah Umum : Potensi Lokal Untuk Ekonomi Kreatif (Part 1)

Background Kuliah Umum
  Pada hari Rabu, 7 November 2012, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti kuliah umum : Potensi Lokal Untuk Ekonomi Kreatif di Aula Farmasi USU. Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. Kebetulan saya mengetahui kuliah umum ini ketika saya iseng jalan" ke kampus ini pada hari selasa dan saya melihat pengumuman untuk kuliah umum, apalagi gratis :D jadi saya datang saja kesana.

   Disana saya juga melihat poster-poster kreatif yang memenangkan kontes iklan, berikut diantaranya:
Iklan - iklan Kreatif (1)


Iklan - iklan Kreatif (2)


Langsung saja deh ke inti kuliah umumnya saja ya..hehe.. Tapi karena materinya cukup panjang, saya akan buat menjadi dua bagian (kayak film aja pakai part :D )

Pembicara mengangkat topik : The New Landscape of Marketing Communication. Dalam presentasinya dijelaskan perubahan komunikasi terhadap iklan, akibat perubahan gaya hidup terutama sekarang ada sosial media.

1. Pertumbuhan Kelas Menengah Indonesia (dalam bidang ekonomi)
Pertumbuhan masyarakat Indonesia kelas menengah pada masa sekarang sangat pesat, hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat bertambah, contohnya penggunaan gadget, kendaraan dan hal hal yang dulunya dianggap mewah sekarang dianggap biasa.

2. Buying Power yang tinggi
Karena masyarakat Indonesia kelas menengah semakin banyak, maka kekuatan untuk membeli barang dan jasa semakin tinggi, hal ini harus dimanfaatkan jika kita mampu melihat peluang menjadi wirausahawan.

3. Belanja Iklan Meningkat
Dampak lainnya ialah belanja iklan di Indonesia semakin meningkat, statistik menunjukkan pada tahun 2011 belanja iklan dalam Rupiah sekitar 11 Triliun, dan 60% nya dikuasai oleh iklan televisi.

4. Pengguna Internet tumbuh pesat
Sejak adanya sosial media seperti Facebook & Twitter, pengguna internet di Indonesia tumbuh pesat, sehingga iklan konvensional tidak lagi berpengaruh jika dibandingkan iklan online.

5. Dunia Mobile membebaskan konsumen 
Internet dan dunia mobile membuat konsumen bebas memilih produk yang diinginkan diantara berbagai pilihan yang sejenis, maka diperlukan strategi yang tepat untuk menggaet konsumen. Seperti membuat akun facebook & twitter untuk tempat kritik dan saran kepada produsen.

6. Belanja Online Semakin Dipercaya
Pada jaman dahulu, orang jarang untuk belanja online. Namun sekarang, banyak orang memilih belanja online karena semakin dipercaya. Barang yang laris dijual online adalah pakaian, travel, dan buku. Dan sekarang banyak orang berlomba-lomba menjadi penjual online shop. Itulah dampak dari no 1.

Sekian dulu sharing kuliah umumnya, nanti saya akan sambung pada posting berikutnya. Semoga bermanfaat :)
Selamat hari pahlawan.

Follow me : @ferryjr
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...