Minggu, 02 Desember 2012

10 Tips Untuk Meraih Sukses

Sukses itu milik kita semua!
    Sukses bagi saya adalah mindset. Cara berpikir, mental Juara. Sukses adalah saya; saya adalah sukses. Sukses bukan tujuan, bukan pula perjalanan. Success is about being dan becoming. Dan sukses adalah hak setiap orang.

   Menurut beberapa ahli, saya menyimpulkan ada 10 Tips untuk meraih sukses, yaitu:

  1. Bersyukurlah atas hari ini. “Just to be alive is a grand thing,  Jauhkanlah perasaan depresi dan sedih tanpa juntrungan. Jalani setiap hari dengan hati penuh syukur. Fokus pada apa yang kita miliki, dan apa yang kita bisa lakukan. dan abaikan sesuatu yang belum kita miliki dan tidak bisa kita lakukan.
  2. Belajarlah seakan-akan Anda akan hidup selamanya, hiduplah seakan-akan Anda akan mati besok. Mohandas Gandhi pernah berkata demikian, “Live as if you were to die tomorrow, learn as if you were to live forever.” Belajar terus, upgrade diri terus dengan berbagai cara baik yang memerlukan effort maupun effortlessly. Dengan adanya teknologi Internet yang semakin canggih dan semakin murah kita bisa merancang kurikulum belajar kita sendiri sesuai apa minat kita. Dan kita bisa memilih kapanpun dan dimanapun dan melalui berbagai metode. Audio, Visual, atau tulisan, semua materi tersedia sesuai dengan minat anda.
  3. Setiap ketrampilan pasti ada penggunanya. Ini saya dapat dari salah satu Penulis  wanita blonda dari San Diego. “There are all kinds of writers, there are all kinds of readers.”Ketika saya down karena merasa incompetent bertarung dengan penulis-penulis lokal di sini, Crystal mengingatkan bahwa setiap jenis penulis pasti ada pembacanya (niche)ceruk pasar.Find your niche, so you find your place in the world. Jumlah niche ceruk pasar banyak sekali, setiap kata adalah niche, dan setiap orang selalu memiliki Niche tertentu yang cocok bagi dirinya
  4. Bukalah jalan sendiri, orisinil. Ralph Waldo Emerson once said,Do not go where the path may lead, go instead where there is no path and leave a trail.” Jangan memilih jalan yang sudah banyak di lalui orang, buatlah jalan anda sendiri yang baru, agar menemukan terobosan baru.
  5. Belajar mencintai apa yang Anda punyai, bukan berangan-angan akan apa yang Anda tidak miliki. Use whatever you have at hand, impian hanya akan menjadi nyata kalau Anda menggunakan instrumen yang kasat mata saat ini juga. Goal is a plane with a deatline, Goal adalah rencana yang ada batas waktunya. Cintai apa yang anda miliki dan segera Action untuk meraih apa yang anda impikan dengan terencana dan ada batas waktu. Jika impian anda sudah anda usahakan dan sudah lewat batas waktu dan anda belum mencapainya. Lupakan mimpi itu dan mencoba mimpi meraih mimpi anda yang lain.
  6. Lihat apa yang kelihatan dan lihat apa yang belum kelihatan. Gunakan visi dan misi untuk mengenal apa yang Anda tuju. Seringkali, apa yang belum kelihatan adalah blue print untuk sukses Anda. Begitu kelihatan, ia akan menjadi semacam de ja vu. Untuk melihat masa depan jauh kedepan anda harus memiliki visi dan misi agar anda tidak keluar dari apa yang telah menjadi tujuan anda. Segera koreksi aktifitas anda yang tidak sesuai visi misi anda untuk segera anda abaikan. Dan melakukan aktifitas sesuai visi dan misi anda agar tujuan anda tercapai sesuai dengan rencana.
  7. Telan kepahitan hidup dan bersiap-siaplah dalam menyongsong hari baru. Setiap hari adalah hari baru. Bangunlah tiap pagi dengan hati yang curious akan apa yang akan Anda alami hari itu. Be excited, be courageous to start the day. Jalani hari-hari anda dengan penuh semangat. Perjalanan seribu mil di awali dengan satu langkah permulaan. Anda tidak akan sampai di mil keseribu jika anda tidak memulainya hari ini.
  8. Semakin banyak Anda memberi, semakin banyak Anda akan menerima. The more you give, the more you get in return. Dalam marketing, ini mungkin disebut sebagai taktik public relations atau publicity. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, ini juga berlaku tanpa diselipi dengan iming-iming tertentu. Saya sendiri sudah membuktikannya. Semakin banyak kita memberi (dalam arti luas, tidak terbatas uang dan materi), semakin besar penghargaan dan berkat yang kita terima. Memberi tidak selalu dalam bentuk uang, Memberi adalah berbagi pengalaman, hobi, perhatian. Karena semua apa yang kita berikan akan kembali pada kita dalam bentuk lain. Jadi kita tidak bisa berharap medapatkan balasan dari orang yang kita beri tapi mendapatkan balasan dari orang lain yang tidak kita sangka.
  9. jadilah mentor diri sendiri. What would Oprah do? Itu yang saya pakai sebagai ukuran. Saya tidak memilih Nabi atau pembesar negara, namun seorang wanita berkulit berwarna yang telah membalikkan nasibnya sendiri menjadi salah satu orang berpengaruh di dunia. Jadilah pelatih anda sendiri.
  10. saya eksis dengan maupun tanpa tubuh saya. Setidak-tidaknya sekali sehari, saya mengingatkan diri sendiri bahwa hidup ini bukanlah untuk selamanya. Maka berbuatlah terbaik pada saat ini juga. Jangan tunggu-tunggu lagi. “Just do it, kata Cher di Farewell Concertnya beberapa tahun yang lampau. I do my best every chance I have. Berbuatlah terbaik di setiap kesempatan, karena itu mungkin yang terakhir.

Sukses harus bisa mensukseskan orang lain

Ingatlah sukses bukanlah tujuan, bukan pula perjalanan. Sukses adalah mindset. Bukan hanya cogito er go sum (saya berpikir maka saya ada), namun sum ego prosperitas (sukses adalah saya).


Ferry Saputra Barus (@ferryjr)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...